5 Legenda Gunung Suci di Dunia

Sepanjang sejarah, gunung selalu menjadi tempat mistis dan tempat orang orang mencari "ilmu" (bertapa). Orang orang dahulu bahkan percaya bahwa gunung adalah tempat tinggal para dewa dewa mereka. Berikut 5 gunung suci dengan cerita teraneh dan menarik.

1. Gunung Shasta California, USA
Gunung Suci

Sepanjang sejarah, gunung shasta telah menjadi fokus dari beberapa kepercayaan kuno, Suku Klamath percaya bahwa gunung shasta dan gunung berapi didekatnya adalah gunung bekas pertempuran hebat dewa-dewa Avatar, oleh karena itu gunung ini dianggap gunung suci. Llao, dewa dari bawah dunia menginginkan putri cantik dari kepala Klamath untuk dijadikan istri. Namun gadis itu menolak Llao karena penampilannya sangat mengerikan. Lalu Llao pun marah, dan berjanji untuk membalas dendam kepada sukunya. Lalu suku Klamath meminta bantuan kepada Skell  seorang dewa dari langit untuk membantu mereka suku Klamath mewalan Llao.  Lalu skell pun menyetujuinya, mereka pun bertarung. Skell berada di gunung shasta dan Llao di gunung Mazama. Duel pun terjadi, pertempuran ini menyebabkan gempa bumi dan ledakan karena mereka saling melempar batu dari punjak gunung Shasta dan puncak gunung Mazama. Setelah beberapa lama, akhirnya Skell berhasil mengalahkan Llao. Kemudian di tahun 1880am, spiritualis  Frederick Spencel Oliver menulis sebuah buku tentang sebuah kota rahasia yang ada terowongan di bawah gunung Shasta. Legenda gunung suci Shasta semakin populer. Guy W. Ballard adalah pendiri dari "I AM", sebuah gerakan yang sudah memiliki satu juga pengikut mengklaim bahwa, dia pernah mendaki gunug Shasta dan bertemu dengna dewa. Sepulangnya dari sana, Guy W. Ballard mendirikan agama baru di Los Angeles dan hampir semua penduduk Los Angeles menjadi pengikutnya, namun setelah Guy W. Ballard wafat, pengikut dari ajarannya punya semakin sedikit dan akhirnya runtuh.

2.   Gunung Koya Wakayama, Jepang

Gunung Koya Adalah tempat berdiamnya suku bhuda Shingon yang didirikan oleh biksu terkenal Kukai, sehingga gunung ini dianggap gunung suci oleh warga sekitar. Gunung koya sekarang menjadi destinasi wisata yang populer di jepang, Gunung koya dan sekitarna memiliki 117 candi. 
Kukai adalah salah satu tokoh besar dari budha jepang. Usahanya berhasil menjembatani kesenjangan antara Imperial Court, monastisisme, dan masyarakat umum. Setelah dai meninggal, para pemimpin yang tersisa dari sektenya mengajukan petisi ke mahkaman imperial untuk memberikan Kukai gelar anumerta "Kobo Daishi".
Legenda mengatakan bahwa ketika para imam senior memasuki makam, mereka menemukan Kukai hidup dan dalam keadaan meditasi mendalam, Dia diyanikin telah melampaui kematian dan memaluli meditasi yang kekal. Dan sekarang Kukai menunggu kedatangan Maitereya, buddha masa depan yang akan membawa keselamatan bagi umat manusia. 

3. Gunung Kailash Ngari, Tibet

Gunung Kailash adalah gunung suci bagi beberapa agama, walaupun tidak pernah menimbulkan perdebatan. Gunung ini dianggap sangat sakral oleh semua orang dan dianggap sebagai gunung suci, bahkan menginjakkan kaki diatasnya adalah bentuk penghinaan.
Dalam agama Hindu, gunung suci kailash adalah tempat tinggal dewa Siwa dan Dewi Parvati. Legenda mengatakan bahwa dewi parvati sangat cantik, sehingga membuat dewa siwa tergila-gila dan menikahinya. Pada malam pertama, dewi parvati ingin mengajak dewa siwa untuk mengunjungi "Surga Dunia", lalu dewi parvati membawa dewa siswa ke gunung kristal, yaitu gunung suci Kailash.
Berdasarkan pada suku budha tibet, Lama Milrepa memenangkan persaingan dengan Naro Bonchung, pemimpin asli tibet dari suku bon. untuk mendapatkan kekuatan spiritual dari gunung suci Kailash. Agama Budha meyakini bahwa mengelilingi gunung suci kailash satu kali akan menebus semua dosa, mengelilingi gunung suci kailash 10 kali akan mencegah mereka masuk neraka, mengelilinginya 100 kali membuat seseorang akan menyatu dengan budha.

4. Gunung Fuji,  Shizouka, Jepang

Didaki oleh ribuan orang setiap tahun, Gunung Fuji terletak di antara Yamanashi dan Shuzouka. Gunung Fuji adalah salah satu icon dari negara Jepang, dan gunung fuji pun telah menjadi dasar dari banyak cerita di jepang yang menjadikannya sebagai gunung suci di jepang. Cerita yang paling terkelan adalah novel pada abad ke 10, Taketori Monogatari. Novel tersebut bercerita tentang bayi misterius yang ditemukan dihutan oleh pemotong bambu. Secara kebetulan pemotong bambu tersebut dan istrinya memang tidak memiliki anak, dan mereka pun akhirnya mengabil anak tersebut.
Anak itu dinamakan Putri Kaguya, anak itu dapat tumbuh dengan sangat cepat, hanya dalam waktu 3 bulan sudah menjadi gadis. Kaguya yang sudah menjadi gadis memiliki wajah yang sangat cantik, sehingga banyak laki - laki yang datang ke padanya untuk melamar, termasuk Kaisar.
Namun, Kaguya tidak memilih salah satu dari mereka, kaguya memilih untuk pulang ke rumahnya, yaitu Bulan. Kaguya tidak pergi begitu saja, dia meninggalkan beberapa hadiah, termasuk obat Keabadian. Tetapi Kaisar sudah terlanjur patah hati, dan tidak ingin hidup untuk selama - lamanya tanpa kaguya. Lalu Kaisar membawa semua hadiah yang diberikan oleh kaguya untuk dibakar ditempat yang dekat dengan bulan. Menurut Legenda, tempat itu adalah gunung Fuji, atau Gunung Keabadian, karena disanalah Kaisar membakar semua pemberian Putri Kaguya termasuk Obat keabadian.

5. Uluru / Batu Ayers, Northern Territory, Australia

Uluru, atau yang juga di kenal Batu Ayers, adalah sebuah formasi bebatuan di Australia yang sudah terkenal sejak lama. Bagi suku Aborigin, Uluru adalah bukti dari penciptaan mereka. Gunung ini adalah gunung suci bagi suku aborigin selama ribuan tahun. Menurut Legenda, 10 nenek moyang suku aborigin dibuat oleh gunung Uluru.
Ada banyak petroglyphs kuno di seluruh daerah suku abogrigin, mereka percaya bahwa dengan menyentuh gunung suci itu, mereka dapat berkomunikasi dengan nenek moyang mereka lewat mimpi dan menerima berkat dari nenek moyang.
Gunung suci Uluru juga dikelan sebagai "Ayers Rock", yang dinamai oleh Henry Ayers, Gubernur Di Australia Selatan pada tahun 1873. Uluru dan sekitarnya akhirnya jadi taman nasional di Australia dan dijadikan salah satu ikon negera mereka. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Legenda Gunung Suci di Dunia"

Post a Comment

Berita Tiga Dua: 5 Legenda Gunung Suci di Dunia