Jangan Buang Benda Ini (Silikon Dioksida), Banyak Manfaatnya !

silicon dioxide
Silikon Dioksida
Silikon Dioksida juga dikenal sebagai silika (dari silex Latin), adalah oksida silicon dengan rumus kimia SiO2 yang telah dikenal sejak zaman dahulu karena kekerasannya. Silika ini paling sering ditemukan di alam sebagai pasir atau kuarsa, serta di dinding sel diatom.

Silika digunakan terutama dalam produksi kaca untuk jendela, gelas minum, botol minuman, dan banyak kegunaan lain. Mayoritas dari serat optik untuk telekomunikasi juga terbuat dari silika. Ini adalah bahan baku utama untuk keramik, porselin, serta industry semen. 

Banyak sekali penggunaan silika ini pada kehidupan sehari - hari yang mungkin kita tidak pernah menyadarinya. Setiap anda membeli barang - barang baru seperti sepatu, alat elektronik, bahkan makanan, hapir seluruhnya ditaruhi Silikon dioksida. Lalu apa manfaatnya benda ini bagi kehidupan kita, dan mengapa begitu penting untuk menyimpan benda ini apabila kita menemukannya dibarang yang baru kita beli.

Berikut manfaat yang kita dapatkan apabila kita menggunakan silikon dioksida. 

1. Dapat Mengeringkan Alat Elektronik

apabila terjadi insiden yang tidak menyenangkan seperti handphone anda tercebur ke suatu kubangan air. Anda tidak usah buru - buru untuk membawanya ke tempat servis, anda dapat melakukan hal ini terlebih dahulu kepada handphone anda. 

Yang anda butuhkan adalah satu kantong pelastik silikon dioksida dan pelastik berperekat. Lalu masukkan handphone anda yang terjatuh ke genangan air kedalam pelastik berperekat selama 24 jam. Setelah itu anda dapat kembali menyalakan dan menggunakan handphone tersebut.

2. Melancarkan Botol Makanan

Apabila anda memiliki botol merica atau botol garam untuk bumbu - bumbu dapur anda atau untuk botol lainnya yang sejenis. Dan botol tersebut sulit untuk mengeluarkan merica atau garam ketika anda menggunakannya, mungkin anda membutuhkan silikon dioksida untuk masalah ini.

Anda hanya tinggal masukkan silikon dioksida kedalam botol merica atau garam yang mampet tadi, dan tunggu beberapa menit. Setelah itu botol anda akan mengeluarkan merica atau garam dengan normal kembali.

3. Menjaga Makanan Ringan Tetap Awet dan Tahan lama. 

Jika anda gemar ngemil, atau memakan makanan ringan, mungkin ini dapat digunakan ke makanan anda agar makanan anda awet dan tahan lama. Cukup masukkan silikon dioksida kedalam snack atau makanan anda yang sedang anda makan, makanan tersebut akan tetap fresh dan menjanganya tetap enak dimakan.

4. Menjaga Keawetan Album Foto.

Apabila anda memiliki kenangan foto dalam box, atau anda memiliki banyak memori yang anda taruh dalam tulisan dikertas. Pastinya anda ingin menjaga foto - foto anda tersebut dari jamur dan menjaga tulisan anda dikertas tetap bagus bukan ? Yang anda perlukan hanyalah menaruh satu silikon dioksida kedalam box dan masukkan pula foto - foto kenagan anda beserta tulisan kenangan anda didalam box, itu dapat menjaganya tetap awet selamanya.

5. Mengeringkan Pakaian Basah

Jika anda sedang bepergian, atau ingin berpergian. Dan anda ingin membawa pakaian favorit anda namun masih basah, atau dalam proses pengeringan. Mungkin cara berikut dapat membatu anda. Yang anda butuhkan hanyalah pelastik berperekat dan silikon dioksida. Caranya adalah dengan memasukkan pakaiain yang masih basah tadi kedalam kantong pelastik berperekat, dan masukkan silikon dioksida kedalam kantong tesebut, jumlahnya setengah kantong agar cepat kering, dan diamkan selama beberapa jam.

6. Menghilangkan Kabut Kaca.

Jika anda sering mengemudikan mobil, pasti anda pernah merasakan kaca depan mobil anda berkabut, dan anda harus susah payah membersikannya dengan lap anda. Namun sekarang anda tidak perlu melap kaca mobil anda apabila berkabut dengan menggunakan silikon dioksida. Simpan beberapa silikon dioksida didasboard depan mobil anda dekat dengan kaca depan anda yang berkabut, lalu tunggu beberapa menit, kabut dikaca mobil anda akan hilang.

Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat video berikut : 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Buang Benda Ini (Silikon Dioksida), Banyak Manfaatnya !"

Post a Comment

Berita Tiga Dua: Jangan Buang Benda Ini (Silikon Dioksida), Banyak Manfaatnya !