9 Instrumen Musik yang Memiliki Kekuatan Mistis [Bagian 2]



6. Gong

Gong merupakan instrumen perkusi logam yang berasal dari China, dan sudah ada sekitar 3.500 SM dan telah diadaptasi oleh berbagai budaya di seluruh Asia Tenggara dan Afrika. Ukuran gong bervariasi, dari mulai yang kecil, sedang dan besar. Cara memainkan gong adalah dengna cara dipukul pada bagian tengah dan akan menghasilkan suara bergantung pada besar dan keciilnya ukuran gong.
Gong biasa digunakan untuk upacara adat, pagelaran, doa, dan pengumuman. Gong pada zaman Budha kuno sering digunakan untuk ritual penyembuhan, doa, dan meditasi. Didalam sejarah China sendiri, gong adalah alat yang dianggap suci, mereka percaya, jika menyentuh gong, orang yang menyentuhnya akan diberkati kebahagiaan, keberuntungan, dan kesehatan.


7. Didgerido

Didgerido adalah alat musik yang dicuptakan oleh penduduk asli Abogrigin sekitar 1.500 Tahun yang lalu. Didgerido memiliki banyak nama dan digunakan oleh banyak suku di Australia dan masih digunakan sampai sekarang. Bentuk didgerido memanjang seperti tanduk yang ujungnya lebar dan menyempit di ujung yang lainnya, terbuat dari kayu, dan ujung yang digunakan untuk meniup diberi lilin. 
Didgerido telah lama digunakan untuk menyertai lagu dan tarian suku aborigin. Selain itu, memainkan didgerido adalah salah satu cara mereka untuk berhubungan dengan alam, dan dunia roh. Suku Aborogin juga menggunakan didgerido untuk memahami pola cuaca dan berkomunikasi dengan binatang.

8. Violin

Violin adalah alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek menggunakan busur violin. Dalam pengetahuan agama kristen, bahwa suara iblis dilambangkan dengan suara yang keluar dari instrumen atau alat musik buatan manusia. Mitos ini telah berkembang dalam budaya barat pada abad terakhir reformasi kristen protestan dan katolik.


9. Drums

Diantara alat musik yang lian, drum adalah alat musik tertua yang pernah ada, dan hampir berada disemua kebudayaan sejak jaman manusia purba. Benda sederhana yang dibuat dari kayu, logam, dan dilapisi dengan kulit serta dimainkan dengan cara di pukul dengan tongkat atau dengan tangan ini telah digunakan selama lebih dari puluhan ribu tahun, dan telah banyak digunakan diberbagai kegiatan manusia seperti ritual doa, perang, alat komunikasi, dan sebagai pengiring tari.
Pada jaman mesopotamia kuno 8000 tahun yang lalu, diyakini bahwa drum digunakan untuk menyertai pertemuan suci antar suku.

Sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Instrumen Musik yang Memiliki Kekuatan Mistis [Bagian 2]"

Post a Comment

Berita Tiga Dua: 9 Instrumen Musik yang Memiliki Kekuatan Mistis [Bagian 2]